Kabar Gembira, SIPA Lolos Tiga Besar Kategori Event Anugrah Bangga Buatan Indonesia (ABBI) 2020

Panitia Penyelenggara Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI) 2020, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekr af) menyatakan bahwa Solo International Performing Arts (SIPA) 2020 terpilih masuk tiga besar kategori event pada ajang bergengsi ini, dari 31 event yang dinilai.
Selain SIPA juga terpilih Papermoon (Yogyakarta) dan ArtJog (Yogyakarta).

Direktur SIPA, R.Ay. Irawati Kusumorasri mengatakan, “Merupakan suatu kebanggaan SIPA terpilih masuk tiga besar kategori event untuk ABBI. Semoga SIPA unggul dan menjadi festival kebanggaan Kota Solo dan Indonesia di kancah domestik dan internasional.”

SIPA memenuhi kriteria penilaian ABBI, antara lain SIPA memiliki kearifan lokal dengan menampilkan penari, pemusik, sekaligus pemain teater Indonesia di panggung internasional SIPA; mempunyai dampak sosial dan/atau lingkungan dengan mengajak UMKM serta pedagang menjajakan produknya di bazaar SIPA, berinovasi selama masa pandemi dengan menggelar SIPA Virtual Festival 2020 di kanal YouTube SIPA FESTIVAL. SIPA mempunyai strategi pemasaran dengan publikasi melalui lebih dari 50 media partner, website, dan sosial media, serta beradaptasi selama pandemi dengan menyelenggarakan SIPA Virtual Festival 2020 dengan jumlah penonton 55 ribu orang.

Keunggulan SIPA antara lain berskala internasional; menyelenggarakan SIPA MART sebagai pasar seni pertunjukan bagi seniman tari, musik, dan teater dengan direktur festival internasional; menggelar bazar SIPA yang membuka peluang bagi pedagang Solo dan sekitarnya untuk mempopulerkan produknya; mempunyai multiplier effects bagi pariwisata, pusat oleh-oleh, serta kuliner di Solo; sekaligus memberikan peluang mahasiswa mahasiswi di Solo Raya untuk terjun langsung dalam tata kelola event budaya berskala internasional. Hingga saat ini terdapat lebih dari 1.000 orang yang tergabung dalam SIPA Community.

Harapannya, SIPA bisa menjadi kebanggaan Indonesia sebagai festival seni pertunjukan bergengsi di kancah internasional serta menjadi pasar seni pertunjukan Indonesia ke kancah internasional dan sebagai festival budaya untuk daya tarik pariwisata domestik dan mancanegara.