Press Release

 

PRESS RELEASE

SOLO INTERNATIONAL PERFORMING ARTS ( SIPA )2017

“BAHARI KENCANA MAESTRO KARYA”

 

Solo Interntational Performing Arts (SIPA) adalah sebuah pagelaran seni pertunjukan berskala internasional. Semangatnya tak sekedar memfungsikan seni pertunjukan untuk persoalan kesenian saja. Namun seni pertunjukan, baik itu dari wilayah tradisi atau pun dari wilayah modern, harus bisa menjadi sarana untuk memunculkan semangat kebersamaan.

Jika seni pertunjukan itu telah hadir dengan berbagai latar belakang kultur budaya, energinya akan disatukan dalam sebuah semangat yang sama. Oleh sebab itu, panggung ini menjadi sebuah pagelaran akbar berskala internasional yang kemudian dikenal hingga sekarang dengan Solo International Performing Arts (SIPA).

Tujuan penyelengaraan SIPA adalah sebagai ruang pertemuan beragam seni pertunjukan dari berbagai latar belakang budaya. Jika sudah tergelar, SIPA tak hanya berbicara tentang persoalan panggung pertunjukan di wilayah budaya. Akan tetapi pemberdayaannya akan menembus batas memperkenalkan kota Solo dan Indonesia.

Sementara sasaran dari penyelenggaraan SIPA adalah untuk menggali energi kehidupan yang menjadi kekuatan komunitas atau pun kelompok masyarakat seni pertunjukan baik dari dalam maupun luar negeri. Kehidupan komunitas masyarakat seni pertunjukan memiliki sumber energi dengan kekuatan yang luar biasa. Begitu pun dengan masyarakat pendukungnya yang kemudian membentuk semacam kultur budaya. Inilah yang akan dijalin dan disatukan dalam semangat SIPA.

Siapakah sesungguhnya SIPA? Di atas panggung ada komunitas atau kelompok seniman tari, teater dan musik dari berbagai belahan dunia. Ada pertunjukan tari, ada pertunjukan musik dan ada pertunjukan teater. Dan semuanya memberikan daya hidup tentang keselamatan bumi dengan segala isinya. Di bawah panggung ada antara 5.000 hingga 10.000 penonton sebagai performa yang lain. Peserta selain dari komunitas seniman lokal juga akan melibatkan seniman-seniman dari dalam dan luar negeri.  SIPA tak sekadar mempersoalkan kesenian, maka SIPA harus bisa memberikan daya hidup yang lain. Khususnya untuk Kota Solo dan uuntuk kehidupan bangsa dan negara Indonesia.

 

 

TENTANG SIPA 2017

TEMA

Tahun 2017 ini, SIPA mengusung tema Bahari Kencana Maestro Karya.  Bahari Kencana Maestro Karya adalah sebuah persembahan pergelaran maha karya seni pertunjukan berskala internasional untuk gerakan menjaga, merawat dan mencintai laut (tentu juga samudera) untuk masyarakat Indonesia.

Indonesia adalah Negeri Bahari. Maka penting kiranya memaknai dengan gerakan menjaga, merawat dan mencintai laut juga samudera dan tentu berikut kehidupan-nya. Dengan gerakan tersebut, keberadaan lautan di tanah air akan selalu memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat di seluruh Indonesia.

Demi mengusung semangat bahari, panggung SIPA: Bahari Kencana Maestro Karya akan menghadirkan panggung berbentuk kapal layar kebanggan Indonesia KRI DEWA RUCI. Tahun 2017 ini SIPA juga akan menghadirkan upacara pembukaan yang megah, mewah dan meriah. Diwarnai dengan koreografi yang indah, kembang api yang hingar-bingar, dan melibatkan pula ribuan penonton yang hadir. Lalu membuat suasana malam di Benteng Vastenburg terasa begitu megah, mewah dan mempesona. Itulah kemegahan, kemewaham dam juga spektakulernya pergelaran SIPA. Maka segeralah bergabung untuk menjadi bagian dari kemegahan dan kemewahan SIPA 2017. Sebuah pagelaran seni pertunjukan berskala International yang megah dan spektakuler

PANGGUNG

SIPA 2017 akan diselenggarakan di Benteng Vastenburg, sebuah benteng peninggalan Belanda yang terletak di kawasan Gladak, Surakarta. Kawasan ini memiliki nilai heritage yang tinggi seiring dengan sejarah perkembangan Kota Solo. Letaknya juga strategis karena berada di tengah kota, Berdiri megah di atas lahan seluas 31.553 meter, Benteng Vastenburg dibangun pada tahun 1774 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Proses pembangunan ini berakhir pada tahun 1779.

Dari segi rancangan bangunan, Benteng Vastenburg memiliki keunikan tersendiri karena memiliki bastion, yaitu penonjolan ruang di ujung-ujung tembok. Benteng ini dikelilingi parit yang berfungsi sebagai perlindungan, dengan jembatan di pintu sisi Timur dan Barat. Di tengah-tengahnya terdapat lahan terbuka yang dulunya berfungsi untuk persiapan pasukan atau apel bendera.

Dalam SIPA 2017 bangunan yang sempat terbengkalai ini, akan disulap menjadi lokasi pertunjukan yang spektakuler. Sebuah panggung sepanjang 33,7 meter dan lebar 19,5 meter akan berdiri di area terbuka dengan dinding-dinding bangunan menjadi latar belakang. Dengan tinggi panggung bagian belakang 1,3m dan panggung bagian depan 1 meter menimbulkan kesan gagah sesuai dengan pemilihan lokasi venue.

Panggung dibangun menyerupai kapal pinisi menggunakan konsep artistik minimalis agar menciptakan kesan menyatu dengan bangunan Benteng. Para penampil dalam SIPA 2017 juga akan ditunjang oleh tata lampu dan kualitas audio yang berkualitas yang membuat suasana malam di Benteng Vastenburg terasa begitu megah, mewah dan mempesona.

 

KURSI

Untuk kursi baris terdepan adalah undangan VVIP, baris di belakangnya adalah untuk undangan VIP. Deretan kursi di belakang kursi VIP adalah kursi untuk media. Untuk pers yang meliputi wartawan dan fotografer media, terdapat tempat khusus untuk meliput yaitu di depan panggung sisi pojok kiri dan juga di samping FOH sisi pojok kanan. Untuk fotografer hobbies, akan mendapat tempat khusus juga di depan panggung sisi pojok kanan.

BAZAAR SIPA 2017

Selain acara utama yang akan dilangsungkan pada malam hari, SIPA 2017 juga menghadirkan Bazaar yang buka mulai sore sampai malam hari selama tanggal 7-9 September 2017 di sebelah depan pangggung atau di sebelah barat Jalan Kapt. Mulyadi. Terdapat 30 stand yang ikut berpartisipasi, mulai dari bazaar non kuliner mulai dari pameran produk, distro batik, handcraft hingga stand khusus kuliner yang akan menjual makanan-makanan dan minuman khas

dari Solo ataupun di luar Solo. Seluruh masyarakat dipersilakan untuk datang ke acara bazaar SIPA.

MEDIA CENTER

Akan disediakan pula media center bagi para peliput untuk mendapatkan info terbaru selama penyelenggaran SIPA 2017, bertempat di stand tengah yang menghadap kearah timur (gerbang pengunjung).

DELEGASI SIPA 2017

Delegasi Dalam Negeri:

  • Eko Supriyanto (Maskot SIPA 2017) – Solo
  • Semarak Candra Kirana Art Center – Solo
  • EkosDance Company – Solo
  • Gayo Lues – Aceh
  • Otniel Tasman – Banyumas
  • Teater Tetas – Jakarta
  • Danang Pamungkas – Solo
  • Riau Rhytim Chambers Indonesia – Pekanbaru-Riau
  • Sanggar Tiara Selatan – Bangka Selatan
  • Vivian Evelyn dan Revaldi Gustaf – NTT

Delegasi Luar Negeri :

  • Melanie Lane – Australia
  • Silhoutte Art Perfomance – Malaysia
  • Joel Inzunza – Chile
  • La Salle Teatro Gundegan – Filipina
  • Ngo Phuong Dong – Vietnam
  • Nguyen My Huong – Vietnam
  • Azpirasi – Singapore

 

INFO SEPUTAR SIPA

Sekretariat SIPA, Jl. Kedasih No. 22 Kerten, Surakarta.

No. Tlp./Fax. : 0271-726178.

M.Iqbal Sabastian 085867696600

Website                          : www.sipafestival.com

Facebook fanpage         : www.facebook.com/sipafestival

Facebook account          : www.facebook.com/sipa.fest

Instagram                       : @sipafestival

Twitter                           : @sipafestival