SIPA 2012

Ketika seni pertunjukan menjadi spirit gerakan penyelamatan bumi dan segala kehidupannya. Performing arts atau seni pertunjukan bisa diartikan sebagai salah satu bagian dari kehidupan budaya. Dengan pengertian tersebut maka seni pertunjukan di Kota Solo bisa mendukung sebutan sebagai Kota Budaya.

SIPA 2012 tak sekedar memfungsikan seni pertunjukan untuk keperluan persoalan kesenian. Namun dari seni pertunjukan, baik itu dari wilayah tradisi atau pun dari wilayah modern, SIPA 2012 juga harus bisa menjadi sarana untuk memunculkan semangat kebersamaan.

Menjadikan performing arts atau seni pertunjukan sebagai alat pemersatu semangat kebersamaan. Seni pertunjukan yang dimaksud bisa dari wilayah etnik (tradisi), modern atau pun kontemporer. Sementara bentuk pertunjukan bisa berupa sajian seni tari, teater atau pun musik.

Jika seni pertunjukan itu telah hadir dengan berbagai latar belakang kultur budaya, energinya akan disatukan dalam sebuah semangat yang sama. Menjadi sebuah pergelaran akbar berskala internasional yang dikenal dengan titelnya :

Solo International Performing Arts (SIPA) 2012.