SIPA 2017

SIPA 2017

Solo International Performing Arts (SIPA) merupakan festival seni pertunjukan dunia yang digagas oleh Bapak Joko Widodo Presiden RI, semasa menjabat Walikota Solo. Beliau memimpikan SIPA menjadi festival yang bergengsi di industri kreatif seni pertunjukan. Kami, SIPA Community berkomitmen tinggi untuk mewujudkan mimpi beliau tersebut.

Pergelaran maha karya seni pertunjukan hadir dalam Solo International Performing Arts (SIPA) 2017. Menampilkan beragam seni pertunjukan dari berbagai belahan dunia, selama tiga malam pada bulan September 2017. Pergelaran dengan menghadirkan panggung yang megah, mewah, dan spektakuler di Benteng Vastenburg Kota Solo.

Tahun 2017 merupakan penyelenggaraan SIPA kali ke-9, Pergelaran pada tahun – tahun sebelumnya, 2009-2016, selalu sukses penyelenggaraannya. Setiap malam, dari tiga malam penyelenggaraannya, selalu dihadiri tak kurang 10.000 penonton.  Bayangkan tentang kemeriahan suasana yang tercipta kemudian.

Pertunjukan yang digelar di panggung SIPA memang selalu istimewa. Melibatkan seniman lintas benua Asia, Australia, Eropa, Afrika, dan Amerika. Setiap sajian selalu kolosal, dengan memanfaatkan panggung spektakuler, panjang 20 meter dan lebar 16 meter dengan gapura Benteng Vastenburg sebagai latarnya.

Jangan lupakan pula dengan upacara pembukaan dan upacara penutupan yang juga megah dan mewah. Diwarnai dengan koreografi yang indah, kembang api yang hingar-bingar, dan melibatkan pula ribuan penonton yang hadir. Lalu membuat suasana malam di Benteng Vastenburg terasa begitu megah, mewah dan mempesona.Itulah kemegahan, kemewaham dam juga spektakulernya pergelaran SIPA.

Maka segeralah bergabung untuk menjadi bagian dari kemegahan dan kemewahan SIPA 2017. Sebuah pergelaran seni pertunjukan berskala International yang megah dan spektakuler.

PROLOG:

Bahari Kencana Maestro Karya adalah sebuah persembahan pergelaran maha karya seni pertunjukan berskala internasional untuk gerakan menjaga, merawat dan mencintai laut (tentu juga samudera) untuk masyarakat Indonesia.

INDONESIA NEGERI BAHARI:

Indonesia adalah Negeri Bahari. Maka penting kiranya memaknai dengan gerakan menjaga, merawat dan mencintai laut juga samudera dan tentu berikut kehidupan-nya. Dengan gerakan tersebut, keberadaan lautan di tanah air akan selalu memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat di seluruh Indonesia bahkan dunia.

SIPA dan BAHARI KENCANA MAESTRO KARYA

Solo International Performing Arts (SIPA) adalah mahakarya seni pertunjukan yang digagas oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo ketika masih menjabat Walikota Surakarta. Pergelaran akbar ini rutin digelar setiap tahun di Kota Solo sejak tahun 2009 lalu. Maka bayangkan bagaimana keindahan dan kemegahannya ketika panggung SIPA tahun 2017 mengusung semangat; Indonesia adalah Negeri Bahari. Inilah SIPA ; Bahari Kencana Maestro Karya

PANGGUNG:  KRI Dewa Ruci

Demi mengusung semangat bahari, panggung SIPA: Bahari Kencana Maestro Karya akan menghadirkan panggung berbentuk kapal layar kebanggan Indonesia KRI DEWA RUCI.

 

Solo International Performing Arts (SIPA) merupakan pergelaran seni pertunjukan berskala internasional. Kelahiran dan kehadiran pergelaran ini karena semangat menjadikan seni pertunjukan sebagai gerakan cinta Nusantara. Dengan :

  1. Mengelola ide, gagasan dan konsep tentang daya cipta, kreasi, dan inovasi dalam seni pertunjukan.
  2. Menghadirkan sebuah pergelaran seni pertunjukan berskala internasional dengan delegasi dari luar negeri dan dalam negeri yang megah dan spektakuler.
  3. Menjadikan seni pertunjukan sebagai sarana untuk menjaga, merawat dan mencintai Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

TUJUAN

Dengan adanya pergelaran Solo International Performing Arts (SIPA), maka muncul kehidupan baru dari seni pertunjukan. Selanjutnya seni pertunjukan ini harus bisa menjadi wahana untuk edukasi tentang apresiasi seni bagi masyarakat. Sebab apresiasi itu menjadi sangat perlu mengingat pentingnya kehidupan seni sebagai bagian dari kehidupan budaya yang menjadi karakter bangsa. Selain   itu  juga  menjadi  industri  kreatif  seni  pertunjukan  yang  bisa  menjadi unggulan   negara   Indonesia.   Di    SIPA   merupakan  wadah  bertemunya  para maestro  seni   pertunjukan  dari   berbagai   bangsa  dengan  para  promotor/ kurator/ direktur festival dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara. SIPA menimbulkan multiplayer effect di bidang ekonomi untuk masyarakat Solo dan sekitarnya.

RUANG DAN WAKTU

Benteng Vastenburg Kota Solo, tanggal 7, 8 dan 9 September 2017, pada jam 19.00-23.00 WIB

SAJIAN SENI PERTUNJUKAN

Karya-karya para maestro seni pertunjukan yang bercerita dan bertutur tentang gerakan merawat, menjaga dan mencintai bahari.

MASYARAKAT PENDUKUNG

10.000 lebih penonton setia SIPA, juga akan melibatkan masyarakat pendukung laut termasuk petani dan nelayan laut.

SENIMAN PENAMPIL

Para maestro di bidang seni pertunjukan baik dari

wilayah seni tari, musik, teater dan wilayah seni lainnya

dari dalam dan luar negeri.

Dalam negeri     : Jakarta – Aceh – Banyumas – Riau – Bangka Selatan – Banyuwangi –  Solo – NTT

Luar negeri        : Korea Selatan – Australia – Malaysia – Chile – Filipina